Skilvul #Tech4Impact Kampus Merdeka Cycle 5: 2D Animation

Program inkubasi digital yang dilaksanakan oleh Skilvul sebagai mitra Kampus Merdeka. Mahasiswa akan membentuk tim dan mengerjakan tantangan untuk membantu Challenge Partner memecahkan masalah serta dibekali dengan Keterampilan Abad-21 yaitu 2D Animation dan kemampuan digital lainnya.

Durasi Pendaftaran

25 Mei 2023 - 10 Juli 2023

Program Berlangsung

8 Agustus 2023 - 30 Desember 2023

Jumlah Pendaftar

50 peserta

Peserta Lolos

51 peserta

Skilvul #Tech4Impact Kampus Merdeka Cycle 5: 2D Animation

Pendaftaran

Syarat Pendaftaran

Pendaftaran

Nilai Program Rp14.000.000,-

Program ini merupakan program beasiswa senilai Rp14.000.000,- untuk 1 semester (5 bulan) pembelajaran.

Daftar sekarang

Pendaftaran

Langkah Pendaftaran

1
Mendaftar di Laman Kampus Merdeka
2
Mengunggah Dokumen Surat Rekomendasi & Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) pada Laman Kampus Merdeka
3
Mengikuti Tes Kebhinekaan yang diadakan oleh Kampus Merdeka
4
Mendaftar akun Skilvul.com
5
Pengumuman Hasil Seleksi

Syarat Pendaftaran

Pastikan kamu sudah sesuai dengan kriteria ini

Persyaratan Peserta

  1. Memiliki aspirasi untuk berkontribusi dalam menyelesaikan masalah sosial di Indonesia melalui inovasi dan teknologi;
  2. Memiliki komitmen dan disiplin yang tinggi;
  3. Tidak harus memiliki latar belakang atau pengalaman di bidang IT;
  4. Boleh berasal dari semua program studi, minimal semester 5;
  5. Lolos seleksi administratif dan tes seleksi Skilvul secara daring:
  • Seleksi Administratif: Dalam proses seleksi administratif dilakukan pemeriksaan kelengkapan data, kesesuaian berkas, serta surat komitmen peserta untuk mengikuti program;
  • Online Selection Test (Tes Seleksi Daring): Melalui tes seleksi daring, calon peserta akan diuji kemampuan computational thinking mereka dengan menyelesaikan tes dalam waktu 1.5 jam (90 menit).

Persyaratan Sarana

Menggunakan laptop / komputer dengan spesifikasi minimal:

  1. Processor : Minimum Intel Core I5 (Recommended ARM-Based Apple Silicon Processor or Intel Core I7, Xeon or Better)
  2. RAM : 16 GB (Recommended 32 GB)
  3. Resolution : 1280 x 800 (Recommended 1920x1080)
  4. GPU : GTX 560
  5. Disk Space 1.21 GB For Windows, 2.2 GB For MacOS
  6. Tablet (Touch Screen) with Pen Stylus / Digital Pen Wacom Intuos

Detail Program

Skilvul #Tech4Impact Kampus Merdeka Cycle 5: 2D Animation

Skilvul #Tech4Impact: 2D Animation Development merupakan program kerjasama Skilvul dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia sebagai bagian dalam Studi Independen Bersertifikat Kampus Merdeka. Program ini bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa/i dari semua jurusan untuk mengasah kemampuan 2D Animation Development dengan menyelesaikan tantangan yang diberikan oleh Skilvul.

Skilvul #Tech4impact: 2D Animation Development diadakan secara virtual dengan durasi 5 bulan. Program ini ditujukan untuk 50 peserta terpilih yang merupakan mahasiswa/i semester akhir dari seluruh program studi di Indonesia. Peserta dari program ini, secara berkelompok akan menyelesaikan tantangan yang diberikan oleh Skilvul. Program ini menggunakan pembelajaran model campuran (blended learning model) yang merupakan kombinasi dari belajar mandiri (self-learning), belajar kelompok (peer-learning), dan mentor-led learning:

Mentor-led Learning Pembelajaran yang dibimbing oleh mentor melalui video conference, dan dilakukan secara synchronous. Mentor-led learning terbagi menjadi dua (2) tipe:

  • Live Webinar (lecture)
  • Mentoring: konsultasi dengan mentor fasilitator

Belajar Kelompok (peer-learning) Proses belajar dengan sesama peserta, dilakukan secara synchronous melalui video conference dan asynchronous melalui forum diskusi daring.

Belajar Mandiri (self-learning) Proses belajar mandiri secara asynchronous menggunakan materi kelas online di Skilvul berupa video pembelajaran, kuis, dan latihan coding menggunakan teknologi Skilvul Playground.

Pada proses persiapan, melalui proses matchmaking berdasarkan peminatan pada suatu bidang tantangan/challenge, peserta akan membentuk tim yang berisi 5 orang. Setiap kelompok akan dibimbing oleh para mentor profesional yang berpengalaman di bidangnya untuk mengembangkan solusi digital sebagai proyek akhir dari tantangan yang diberikan oleh Skilvul.

Metode Pembelajaran

Berikut metode pembelajaran yang kami gunakan untuk program ini

Mentor-led Learning

Pembelajaran yang dibimbing oleh mentor melalui video conference, dan dilakukan secara synchronous

Peer-learning & Self-learning

Proses belajar mandiri secara asynchronous menggunakan materi kelas online di Skilvul berupa video pembelajaran, kuis, dan latihan coding menggunakan teknologi Skilvul Playground.

Keuntungan Program

Apa yang akan kamu dapatkan dari program ini?

Experiential Learning

Program experiential learning yang fleksibel diharapkan dapat memfasilitasi mahasiswa mengembangkan potensinya sesuai dengan minat dan bakatnya.

Portfolio

Kamu akan memiliki portfolio produk digital yang dapat digunakan untuk memudahkan mencari pekerjaan serta jaringan/network komunitas social impact

Sertifikat

Peserta yang menyelesaikan program dengan baik akan mendapatkan sertifikat completion dari Skilvul

Employability

Meningkatkan employability (Tingkat Kelayakan Kerja) para peserta melalui program Skilvul #Tech4Impact: Front-End Web Development × Kampus Merdeka Batch 4

Kesesuaian Skill

Meningkatkan kompetensi mahasiswa untuk menjadi talenta digital siap kerja, melalui pembekalan Keterampilan Abad-21 dan teknologi digital

Koneksi

Dengan program ini, kamu dapat berdiskusi dengan partner kelompok, mentor dan tim Skilvul seputar program dan dunia pekerjaan